Minggu, 29 Agustus 2021

PAI dan IPS

 

ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ


Kakak Sholih dan Sholihah Kelas 5A, 5B, dan 5C yang insyaAllah selalu Allah berkahi selalu, 

Baik kakak sholih dan sholihah  semuanya hari kita akan mulai pembelajaran pertemuan kali ini yaitu mata pelajaran Bahasa Indonesia (pengertian, jenis dan fungsi Kalimat Tanya) dan SBDP
Sebelum kita memulai pembelajaran hari ini mari sama - sama kita berdoa terlebih dahulu.


رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِيْ وَيَسِّرلِي
أَمْرِي وَ احْلُلْ عُقْدَةً مِّنْ لِّساَنِي يَفْقَهُوْا قَوْلِي

"Robbisyrohli sodri wayassirli amri wahlul uqdatam millisani yafqohu qauli"
(Ya Allah lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku dan jelaskanlah lisanku agar orang-orang memahami perkataanku) 


رَِبِّيْ زِدْنِي عِلْماً وَارْزُقْنِي فَهْمًا

"Robbi zidni ‘ilma warzuqni fahma"

(Ya Allah tambahilah ilmuku dan dan pertinggikanlah kecerdasanku)

Materi Pelajaran PAI










RANGKUMAN MATERI IPS

INTERAKSI MANUSIA DAN AKTIVITAS MASYARAKAT

            Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), interaksi adalah hal saling melakukan aksi, berhubungan, memengaruhi, atau antarhubungan. Ada dua jenis interaksi yang dapat dilakukan oleh manusia, yaitu interaksi sosial dan interaksi lingkungan. Interaksi sosial merupakan berbagai hubungan sosial yang berkaitan dengan hubungan antarindividu, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok. Sedangkan interaksi lingkungan adalah interaksi yang terjadi antara manusia dengan lingkungan di sekitarnya yang terbentuk dengan alami, seperti sungai. Selain dengan sesama makhluk hidup, interaksi lingkungan juga bisa terjadi antara makhluk hidup dengan benda mati yang ada di sekitarnya. Hal ini dapat terjadi pada manusia, tumbuhan, dan hewan.

Contoh Interaksi Lingkungan Antara Makhluk Hidup dengan Benda Mati

1. Interaksi Lingkungan Antara Manusia dengan Benda Mati

Selain dengan sesama manusia, dengan hewan, dan dengan tumbuhan, manusia juga dapat melakukan interaksi lingkungan dengan benda mati di sekitarnya.

Contoh interaksi lingkungan antara manusia dengan benda mati:

Ø  Manusia akan menaburkan beberapa zat kimia tertentu untuk menciptakan hujan buatan. Dari cara ini, menunjukkan bahwa manusia melakukan interaksi dengan benda mati, yaitu awan.

Ø  Petani akan membajak sawah untuk menggemburkan tanah sebelum ditanami dengan berbagai tanaman. Hal ini menunjukkan adanya interaksi yang dilakukan antara petani dengan tanah yang dibajaknya. Petani yang membajak sawah adalah bentuk interaksi lingkungan antara manusia dengan benda mati

Ø  Menusia memanfaatkan air untuk kegiatan sehari-hari, seperti mandi, minum, memasak, mencuci piring, atau mencuci baju. Pemanfaatan air ini menunjukkan adanya interaksi antara manusia dengan benda mati, yaitu air di sekitarnya.

2. Interaksi Lingkungan Antara Hewan dengan Benda Mati

Hewan juga tidak hanya melakukan interaksi dengan sesamanya, dengan manusia, atau dengan tumbuhan saja. Dalam kehidupannya, hewan juga akan melakukan interaksi lingkungan dengan benda mati yang ada di sekitarnya.

Contoh interaksi lingkungan antara hewan dengan benda mati:

Ø  Kucing akan menggali tanah untuk mengubur kotorannya, merupakan bentuk interaksi lingkungan hewan dengan tanah yang ada di sekitarnya.

Ø  Hewan akan minum dari air hujan yang menggenang, adalah contoh dari interaksi hewan pada benda mati di sekitarnya, berupa air hujan.

Ø  Burung yang hinggap di kabel, merupakan interaksi lingkungan antara burung dengan benda mati, yaitu kabel.

3. Interaksi Lingkungan Antara Tumbuhan dengan Benda Mati

Meski tumbuhan tidak melakukan perpindahan tempat seperti manusia atau hewan, tumbuhan tetap melakukan interaksi lingkungan, salah satunya dengan benda mati.

Contoh interaksi lingkungan antara tumbuhan dengan benda mati:

Ø  Tumbuhan akan menyerap karbon dioksida (CO2) dan mengubahnya menjadi oksigen (O2). Hal ini menunjukkan adanya interaksi antara tumbuhan dengan udara di sekitarnya.

Ø  Agar tetap hidup, tumbuhan akan menyerap nutrisi dan air dari dalam tanah. Proses ini adalah interaksi yang dilakukan tumbuhan dengan tanah dan air tempatnya hidup.

Ø  Saat pagi hari, terbentuk embun, yang merupakan interaksi antara tumbuhan dengan benda mati di sekitarnya, yaitu mengubah udara menjadi titik-titik embun 

            Dikutip dari buku Pembangunan Nasional yang ditulis oleh Heliarta (2020: 2), pembangunan adalah suatu proses kegiatan yang dilakukan dalam rangka mengembangkan perubahan-perubahan keadaan yang lebih baik lagi. Pembangunan yang dilakukan oleh negara tersebut bertujuan untuk mewujudkan cita-cita untuk mendorong masyarakat atau sekumpulan individu ke arah yang lebih baik lagi.

            Menurut Edi Suharto, Pembangunan Sosial adalah pendekatan pembangunan yang bertujuan meningkatkan kualitas kehidupan manusia secara paripurna, yakni memenuhi kebutuhan manusia yang terentang mulai dari kebutuhan fisik sampai sosial. Secara kontekstual pembangunan sosial lebih berorientasi pada prinsip keadilan sosial ketimbang pertumbuhan ekonomi.

            Adapun Pembangunan sosial dan budaya merupakan bagian integral dari prioritas pembangunan nasional keempat yang sesuai dengan Propenas 2000–2004. Pembangunan nasional keempat terdiri dari tiga poin penting, yaitu membangun kesejahteraan rakyat, meningkatkan kualitas kehidupan beragama, dan ketahanan budaya. Pembangunan sosial budaya adalah pembangunan yang dirancang untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dilansir dari bappenas.go.id, tujuan dari pembangunan sosial budaya adalah untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat yang ditandai dengan meningkatnya kualitas hidup yang layak dan bermartabat, serta memberi perhatian utama pada tercukupinya kebutuhan dasar masyarakat. Pembangunan sosial budaya tidak hanya menjadi tanggung jawab yang dilakukan oleh pemerintah saja. Masyarakat juga dapat berperan dengan melakukan aktivitas-aktivitas dalam upaya pembangunan sosial budaya. Berikut contoh upaya pembangunan sosial yang dapat kita lakukan sebagai bagian dari masyarakat Indonesia:

1.      Menjaga kerukunan antar warga masyarakat.

2.      Menyelesaikan masalah yang muncul di lingkungan masyarakat dengan musyawarah.

3.      Membangun industri pariwisata yang bertujuan untuk melestarikan warisan budaya.

4.      Gotong royong dalam membersihkan dan membangun lingkungan.

5.      Melakukan pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

6.      Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

7.      Mengikuti pelatihan keterampilan seperti menjahit, membatik, dan membuat karya kerajinan lainnya.

8.      Turut serta dalam organisasi masyarakat

            Adapun sasaran umum yang akan dicapai dalam pembangunan sosial budaya Indonesia adalah meningkatnya usia harapan hidup, menurunnya laju pertumbuhan penduduk, menurunnya angka kelahiran total, menurunnya angka kematian kasar, meningkatnya ketahanan sosial dan budaya, meningkatnya kedudukan dan peranan perempuan, meningkatnya partisipasi aktif pemuda, serta meningkatnya pembudayaan dan prestasi olahraga.










Tugas IPS halaman 101
no (8 sd 11)



1 komentar:

  1. Kakak Sholih dan Sholihah Kelas 5A, 5B, dan 5C yang insyaAllah selalu Allah berkahi selalu,
    Baik kakak sholih dan sholihah semuanya hari kita akan mulai pembelajaran pertemuan kali ini yaitu mata pelajaran Bahasa Indonesia (pengertian, jenis dan fungsi Kalimat Tanya) dan SBDP
    Sebelum kita memulai pembelajaran hari ini mari sama - sama kita berdoa terlebih dahulu.


    Tolong pembukaan nya diedit dulu sebelum diposting, Ustadz/Ustadzah.....

    BalasHapus

IPA dan IPS

  ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُه Kakak Sholih dan Sholihah Kelas 5A, 5B, dan 5C yang insyaAllah selalu Allah berkahi...