Selasa, 05 Oktober 2021

Bahasa Indonesia dan SBDP

 

ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ





Kakak Sholih dan Sholihah Kelas 5A, 5B, dan 5C yang insyaAllah selalu Allah berkahi selalu, 

Baik kakak sholih dan sholihah  semuanya hari kita akan mulai pembelajaran pertemuan kali ini yaitu mata pelajaran Bahasa Indonesia: Teks Iklan (pengertian, fungsi, dan struktur) dan SBDP
Sebelum kita memulai pembelajaran hari ini mari sama - sama kita berdoa terlebih dahulu.


رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِيْ وَيَسِّرلِي
أَمْرِي وَ احْلُلْ عُقْدَةً مِّنْ لِّساَنِي يَفْقَهُوْا قَوْلِي

"Robbisyrohli sodri wayassirli amri wahlul uqdatam millisani yafqohu qauli"
(Ya Allah lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku dan jelaskanlah lisanku agar orang-orang memahami perkataanku) 


رَِبِّيْ زِدْنِي عِلْماً وَارْزُقْنِي فَهْمًا

"Robbi zidni ‘ilma warzuqni fahma"

(Ya Allah tambahilah ilmuku dan dan pertinggikanlah kecerdasanku)

Materi

Teks iklan

Dalam kehidupan sehari-hari, tentu tidak asing dengan hal yang bernama iklan, hampir setiap hari bertemu dengan iklan. Iklan dapat ditemukan dalam beberapa aplikasi, bisa dalam media cetak seperti majalah ataupun koran, media elektornik seperti televisi, radio, dan lain-lain, ataupun media luar ruang seperti baliho, atau baner.

 

1.      Pengertian Teks Iklan

Teks iklan merupakan salah satu media promosi yang efektif dalam memasarkan berbagai produk kepada konsumen karena daya jangkaunnya yang luas. Tujuannya adalah memperkenalkan suatu produk, baik barang maupun jasa kepada masyarakat, guna menarik perhatian masyarakat untuk mengenali, membeli, hingga mengonsusmsi atau menggunakan produk yang diiklankan.

 

2.      Fungsi Teks Iklan

Secara sederhana, pengertian teks iklan adalah sebagai pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat suatu media. Namun, untuk untuk membedakannya dengan pengumuman biasa, iklan lebih diarahkan untuk membujuk orang supaya membeli. Iklan mempunyai beberapa fungsi yaitu sebagai berikut :

a.       Sebagai informasi (menyampaikan info produk baru, ciri-ciri, dan lain-lain)

b.      Sebagai persuasi (mengarahkan konsumen untuk membeli).

c.       Sebagai reminder (iklan mengingatkan konsumen tentang produk tertentu agar selalu menggunakan produk tersebut)

 

3.      Struktur Teks Iklan

Sebuah teks iklan memiliki struktur yang terdiri dari judul, nama produk, dan penjelasan tentang produk.

a.       Judul, terletak di bagian paling atas dari terks iklan, tetapi tidak semua iklan mencantumkan judul, sebagaian teks iklan meletakkan nama produk di bagian paling atas

b.      Nama produk, berisi nama produk yang diiklankan

c.       Penjelasan tentang produk, berisi deskripsi produk yang diiklankan, seperti speseifikasi, cara mendapatkan produk yang diiklankan, alamat, dan nomor telepon yang dapat dihubungi.



Materi SBDP



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IPA dan IPS

  ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُه Kakak Sholih dan Sholihah Kelas 5A, 5B, dan 5C yang insyaAllah selalu Allah berkahi...